Permainan Asyik

Permainan Asyik: Urai Tangan
Alat :-
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 5 menit
Tujuan : Membuka diskusi tentang menyelesaikan masalah

Permainan ini sebaiknya dilakukan dengan jumlah partisipan minimal 6 orang dan berjumlah genap. Semua partisipan berdiri membentuk lingkaran yang sangat rapat, sehingga bahu mereka bersentuhan. Selanjutnya lakukan langkah-langkah berikut:
Setiap partisipan menjulurkan tangan kanan ke tengah lingkaran.
Setiap partisipan menggenggam tangan kanan partisipan lain yang ada di depannya. Dia tidak boleh menggenggam tangan partisipan yang ada di persis sebelah kanan atau kirinya.
Selanjutnya semua partisipan menjulurkan tangan kiri ke tengah lingkaran.
Setiap partisipan menggenggam tangan kiri partisipan lain yang ada di depannya. Dia tidak boleh menggenggam tangan partisipan yang ada di persis sebelah kanan atau kirinya.
Tugas partisipan adalah mengurai jalinan tangan tersebut sehingga dapat membentuk gandengan tangan yang besar. Dalam mengurai, mereka boleh melakukan gerakan apa saja kecuali melepaskan pegangan tangan.

Pertanyaan Refleksi:
1. Apakah ada yang menjadi pemimpin ketika mengurai jalinan tangan?
2. Bagaimana komunikasi di dalam kelompok ketika mengurai tadi?
3. Apakah ada yang menemui kesulitan ketika melakukannya? Apakah ada yang ingin menyerah sebelum bisa menguraikan jalinan tangan tadi?
4. Dalam kehidupan sehari-hari, hal-hal apa saja yang perlu dilakukan bersama-sama kita menghadapi suatu masalah?
5. Bagaimana ayat berikut ini dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari: “Persoalan ini harus kita periksa lalu kita pecahkan bersama-sama.” (Ayub 34:4)?