Permainan Asyik

Permainan Asyik: Teka-Teki [1]
Alat : Kertas karton (4 cm x 10 cm), pisau cutter, tali, dua kancing baju, gunting.
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 10 menit
Tujuan : Mengasah logika

Buatlah dua irisan yang sejajar pada bagian tengah kertas karton. Buatlah lingkaran pada salah satu ujung karton. Diameternya harus lebih besar daripada jarak antara irisan I dan irisan II, tapi lebih kecil daripada diameter kancing baju. Selipkan tali pada bekas irisan, kemudian masukkan kedua ujung tali ke dalam lubang di ujung kertas karton. Talikan masing-masing ujung tali pada kancing baju.

Tunjukkanlah hasilnya kepada partisipan. Tugas mereka adalah melepaskan tali dari kertas karton tanpa mencopot kancing baju dari ikatan tali. Berilah kesempatan kepada mereka untuk memecahkan teka-teki tersebut. Jika partisipan tidak menemukan caranya, beritahukan solusinya kepada mereka.
Solusi: Tekuklah kertas yang ada pada bagian tengah, kemudian masukkan ke dalam lubang beserta dengan tali. Dengan demikian, Anda dapat mengeluarkan kancing melalui tekukan itu.

Pertanyaan Refleksi:
1. Apakah Anda berhasil memecahkan teka-teki tersebut?
2. Apa saja yang perlu dilakukan supaya dapat memecahkan teka-teki tersebut? Apakah prinsip-prinsip tersebut dapat digunakan dalam memecahkan persoalan hidup sehari-hari?
3. Mengapa Amsal menuliskan kalimat berikut:“ Orang sombong tak akan menjadi bijaksana, tapi orang cerdas belajar dengan mudah” (Amsal 14:6)?