Permainan Asyik

Permainan Asyik: Burung Terbang
Alat : –
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 15 menit
Tujuan : Untuk menguji konsentrasi partisipan.

Semua partisipan membentuk lingkaran. Pemimpin permainan berada di tengah lingkaran. Dia menyebut salah satu hewan dan mengepakkan tangannya. Jika hewan itu bisa terbang, maka seluruh partisipan harus ikut mengepakkan tangannya. Jika hewan itu tidak dapat terbang, maka hanya pemimpin permainan yang mengepakkan tangannya.
Sebagai contoh, pemimpin permainan berseru, “Merpati terbang”. Dia mengepakkan kedua tangannya. Semua partisipan juga harus mengepakkan tangannya. Ketika dia berteriak, ”Kucing terbang” maka partisipan lainnya diam saja.
Partisipan yang salah melakukan gerakan harus keluar dari lingkaran. Semakin lama, pemimpin permainan semakin cepat dalam menyebutkan nama hewan. Pemenangnya adalah partisipan yang masih bertahan hingga permainan berakhir.

Pertanyaan Refleksi:
1. Apa pendapat Anda tentang suasana yang terbentuk selama proses permainan tadi?
2. [Kepada partisipan yang tersingkir sejak awal] Mengapa Anda melakukan kesalahan dalam permainan ini?
3. [Kepada partisipan yang bertahan] Mengapa Anda bisa bertahan sejauh ini?
8. Apa komentar Anda tentang proses permainan tadi jika dikaitkan dengan ayat ini: “ Orang baik menjauhi yang jahat; orang yang memperhatikan cara hidupnya, melindungi dirinya.” (Amsal 16:17 BIS)?