Permainan Asyik

Permainan Asyik: Tangan Terikat
Alat : Gunting, tali rafia 1 meter sebanyak partisipan
Partisipan : Berpasangan
Waktu : 10 menit
Tujuan : Memberi penekanan tentang pentingnya mengamati masalah dulu sebelum mengambil tindakan.

Bagikan tali rafia kepada setiap pasangan. Kemudian dengan berpasangan mereka menalikan tali rafia pada pergelangan tangan masing-masing, tapi tali itu harus lebih dulu saling bertaut.

Tugas partisipan adalah melepaskan tautan tali tersebut tanpa membuka ikatan di pergelangan tangan mereka. Waktunya hanya 5 menit. Biasanya partisipan buru-buru memasukkan kakinya di antara ikatan itu. Ada juga yang melewatkan tali di atas kepalanya atau kepala pasangannya. Percayalah, cara ini tidak akan berhasil.
Jika partisipan mulai kehabisan ide dan putus asa, maka berikanlah solusinya. Caranya dengan menjumput tali rafia dan menariknya melalui simpul di pergelangan tangannya. Kemudian kolom yang terbentuk itu pada dilewatkan telapak tangan (lebih jelas, lihat gambar). Maka tautan tali akan terbebas.

Pelajaran dari permainan ini: Kadangkala sebuah persoalan dapat diselesaikan dengan cara yang sederhana. Syaratnya, lebih dulu duduk tenang untuk mengamati persoalan, kemudian berpikir jalan keluarnya. Jangan terburu-buru mengambil tindakan.

Pertanyaan Refleksi:
1. Apakah ada partisipan yang berhasil menyelesaikan tugasnya? Bagaimana caranya?
2. Apakah segera Anda lakukan setelah mendengar perintah pemimpin permainan? Apakah ada pasangan yang memulainya dengan mengamati dan menganalisis belitan tali?
3. Bagaimana perasaan Anda setelah mencoba berbagai cara tapi tidak berhasil?
4. Apa komentar Anda tentang proses permainan tadi jika dikaitkan dengan ayat ini: “membuat kita sederhana dan biasa. Tetapi kita sendirilah yang membuat diri kita rumit dan berbelit-belit” (Pengkhotbah 7:29 BIS)?