Permainan Asyik

Permainan Asyik: Nama Inisial
Alat : Papan tulis, kapur, kursi
Partisipan : Perseorangan
Waktu : 15 menit
Tujuan : Mengajak partisipan untuk bereaksi cepat

Dalam permainan ini, semua partisipan harus sudah saling mengetahui dan hafal nama lengkap masing-masing partisipan. Pilihlah satu partisipan yang akan menjadi Penulis. Partisipan lain duduk di kursi secara melingkar. Sediakan satu kursi kosong bagi si Penulis.
Sang Penulis memulai permainan dengan menuliskan inisial nama salah satu partisipan (huruf pertama dari setiap kata dari nama tersebut). Misalnya, nama partisipan itu adalah Pelangi Kurnia Putri maka inisialnya adalah PKP.
Begitu tahu inisial namanya tertulis di sana, maka Pelangi harus segera bangkit dari kursinya. Sementara itu Penulis berlari menuju kursi kosong yang disediakan untuknya. Pelangi harus dapat menyentuh badan Penulis sebelum Penulis duduk pada kursinya. Jika gagal, maka Pelangi yang menggantikan posisi sebagai penulis.
Catatan: Periksa lebih dulu apakah ada lebih dari satu inisial yang sama. Jika ada, buatlah kesepakatan untuk mengubah inisial salah satu nama.

Pertanyaan Refleksi:
1. Bagaimana perasaan Anda saat ikut dalam permainan tadi?
2. [Kepada partisipan yang inisial namanya ditulis] Apakah Anda memberikan reaksi yang cepat ketika inisial nama Anda ditulis? Berhasilkah Anda menyentuh Penulis sebelum dia duduk? Jika ya, apa faktor keberhasilannya? Jika tidak, apa faktor kegagalannya?
3. Dalam kehidupan sehari-hari, peristiwa apa saja membutuhkan reaksi yang cepat? Berikan contohnya dan akibatnya jika kita gagal memberikan reaksi dengan cepat!
4. Bacalah ayat berikut: Sesudah kedua orang itu menuntun mereka sampai ke luar, berkatalah seorang: “Larilah, selamatkanlah nyawamu; janganlah menoleh ke belakang, dan janganlah berhenti di mana pun juga di Lembah Yordan, larilah ke pegunungan, supaya engkau jangan mati lenyap” (Kejadian 19:17). Seandainya Lot dan keluarganya tidak berlari, apakah mereka akan selamat?